Koleksi Pustaka

30 October 2014 | Admin UGM INDO

Sekilas Pekembangan

Perpustakaan Program Studi Sastra Jepang didirikan bersama dengan dibukanya Program Studi. Ketika Program Studi dibuka pada bulan September 1989, dua orang tenaga pengajar dari Jepang yang dikirim oleh The Japan Foundation membawa sejumlah buku sumbangan berupa buku-buku pelajaran bahasa Jepang. Buku-buku sumbangan dari Jepang dan buku-buku yang dibeli di Indonesia yang keseluruhannnya berjumlah kurang lebih 150 eksemplar itulah yang menjadi koleksi pertama Perpustakaan Program Studi Sastra Jepang.

Koleksi tersebut dibagi dua, yaitu koleksi dosen dan koleksi mahasiswa. Koleksi dosen diberikan kode (maksudnya 教師(きょうし), yaitu pengajar) dan ditempatkan di ruang dosen (D 108 ) agar proses peminjamannya juga dapat dikontrol dosen, sedangkan koleksi mahasiswa diberikan kode (学生(がくせい), mahasiswa) dan sepenuhnya diserahkan kepada mahasiswa. Hal itu semata-mata untuk mengurangi beban dosen saat itu.

Koleksi buku kian bertambah setiap tahun. Kebanyakan buku-buku berbahasa Jepang merupakan sumbangan. Selama ini, The Japan Foundation adalah satu-satunya sumber untuk mendapatkan buku-buku Jepang terbitan baru. Di samping mendapatkan sumbangan buku dari The Japan Foundation setiap tahun, tidak jarang pula mendapatkan sumbangan buku dari perorangan dan lembaga secara insidental. Mahasiswa-mahasiswa dari Jepang yang belajar di UGM dan tenaga-tenaga pengajar dari The Japan Foundation tak jarang juga meninggalkan sejumlah buku milik mereka kepada perpustakaan. Universitas Ekonomi Hiroshima, Universitas Kyoorin, The Vision, The Daido Life Foundation, Universitas Kokushikan, The Japan Club di Yogyakarta, dan masih banyak lembaga lainnya telah memberikan sumbangan buku kepada Perpustakaan Program Studi Sastra Jepang. Kebanyakan ensiklopedi dan buku-buku lukisan yang ditempatkan di rak-rak bawah di sebelah barat ruang perpustakaan PSSJ sekarang merupakan hibah dari pemerintah Jepang pada tahun 1990. Sebenarnya, hibah tersebut diberikan kepada perpustakaan pusat UGM, tapi kemudian dialihkan ke perpustakaan PSSJ atas permohonan pihak Program Studi Sastra Jepang pada tahun 1993.

Pada awal tahun 1993, bersama dengan pindahnya ruang PSSJ, perpustakaan pun ikut pindah ke tempat sekarang, yaitu gedung sayap utara FIB. Perpustakaan mahasiswa mula-mula ikut bertempat di ruang PSSJ, kemudian pindah ke ruang Himaje, dan pada tahun 1997 bergabung lagi dengan perpustakaan dosen atas permintaan mahasiswa. Sangat disayangkan, koleksi mahasiswa yang diserahkan kepada dosen itu sudah tidak utuh lagi.

Sejak tahun 1998 dibuat koleksi buku khusus untuk dosen. Buku-buku tersebut diberikan kode (dosen) dan ditempatkan di dalam lemari di sebelah selatan ruang dosen, antara lain terdiri dari buku-buku pelajaran bahasa Jepang dan buku-buku ilmu bahasa Jepang. Buku-buku tersebut hanya dapat dipinjam dosen, tetapi kebanyakan telah tersedia juga di dalam koleksi perpustakaan bagian umum.

Pada saat ini, perpustakaan PSSJ memiliki koleksi buku sejumlah 7005 eksemplar. Buku-buku berbahasa Jepang dan atau berhuruf Jepang kurang lebih 95 % (meliputi buku buku pelajaran bahasa Jepang, ilmu bahasa Jepang, sastra Jepang, sejarah Jepang, dll) dan sisanya buku-buku berbahasa Indonesia, Inggris, dan lain-lain yang berhuruf Romaji (sejarah Jepang, sastra Jepang, ilmu bahasa umum, dll.).

Keluhan pengunjung atas kurang teraturnya waktu buka telah diatasi sejak diangkatnya petugas perpustakaan PSSJ mulai bulan Mei 2004. Permasalahan yang belum terpecahkan adalah antara lain sempitnya ruang dan keterbatasan dana untuk membeli buku-buku berbahasa Jepang.

Kami pun selalu berusaha untuk mencari pemecahan untuk masalah-masalah yang kita hadapi dan sangat mengharapkan juga ide-ide dari para pengunjung. Semoga kita bersama-sama ikut mendukung perkembangan perpustakaan PSSJ agar perpustakaan ini tetap menjadi sumber yang segar bagi pencari ilmu kejepangan.

Ketentuan Peminjaman

Berkaitan dengan teknis peminjaman, silakan menghubungi kontak kami pada jam kerja atau mengisi form pada tautan berikut.

Kirim Komentar