Public Lecteure oleh ASJI: Hubungan Jepang-ASEAN dari Perspektif Sosial Budaya

31 August 2018 | Prodi Sastra Jepang

 Fakultas Ilmu Budaya UGM bekerja sama dengan Asosiasi Studi Jepang di Indonesia atas dukungan The Japan Foundation mengadakan Public Lecture ASJI 2018 dengan tema “Dampak Dinamika Global terhadap Hubungan Jepang ASEAN”. Public lecture ini diselenggarakan pada hari Jumat tgl 31 Agustus 2018 di Fakultas Ilmu Budaya UGM.

Narasumber pada public lecture ini adalah Julian Aldrin Pasha, Ph.D, yang merupakan Ketua Departemen Ilmu Politik Universitas Indonesia yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Asosiasi Studi Jepang di Indonesia. Beliau juga merupakan mantan juru bicara kepresidenan era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Selain itu, public lecture ini juga diisi oleh Andy Bangkit Setiawan, Ph.D, pengajar di Universitas Dian Nuswantoro Semarang dan juga merupakan anggota Associate Professor Nagoya University.

Public lecture ini membahas tentang hubungan Jepang-ASEAN dari perspektif sosial budaya. Tidak hanya terbatas pada bahasan itu saja, namun juga membahas sedikit tentang sejarah dan ekonomi Jepang-ASEAN.

Chikho Agustiano Herodion, yang merupakan salah satu peserta public lecture mengungkapkan bahwa dirinya merasa senang mendapat informasi dan dapat mengikuti mengenai public lecture ini.

“Senang dan seru, karena topiknya bagus dan pembicaranya berbicara dengan enak, jadi tidak mengantuk,” ujar mahasiswa yang akrab disapa Chikho ini.

Chikho juga berharap semoga dengan public lecture ini, para akademisi lebih melek lagi dengan dinamika global yang ada sebagai masyarakat ASEAN dan bisa ikut andil dalam menjaga hubungan baik dengan Jepang.

Public Lecture ini adalah program ASJI yang dilakukan 3-4 kali setahun bekerjasama dengan universitas-universitas di seluruh Indonesia.

Kirim Komentar

Berita Terbaru